Olahraga panahan dan tekniknya


Olahraga panahan

Olahraga panahan adalah salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasullullah SAW.Dimana olahraga panahan merupakan sarana penting untuk berperang ada masa Rasulullah SAW dan khulafaura rasyidin, bagi para muslimin yang membangun keahlian dalam memanah sangat memberikan sumbangsih besar dalam memetik kemenangan di berbagai medan perang,selain sunha olahraga panahan juga sangat banyak manfaatnya untuk tubuh kita, salah satunya adalah menyeimbangkan otot tangan dan mata,membangun elastisitas dan tentunya akan membuat kita membangun kembali rasa fokus.
Sejarah menyatakan ,Allah SWT mengutus Malaikat Jibril untuk memberikan busur dan dua anak panah kepada Nabi Adam As.Busur dan anak panah itu kemudian digunakan untuk membunuh seekor burung yang mencuri tananam milik Adam.(Source of Republika).Tak hanya Nabi Adam As,Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang andal dalam hal memanah,dikatakan bahwa di Istana Topkapi,Istanbul-Turki tersimpan 3(tiga) buah anka panah yang diyakini milik Nabi Muhammada SAW.
Olahraga panahan   , Toko alat olahraga panahan di Jakrta ,Busur  Peralatan archery   , Teknik panahan   ,Vieneth archery ,Alamat toko panahan di Jakarta

Teknik panahan

 Olahraga panahan yang kita kenal sebagai sarana untuk membangun kembali rasa fokus bahkan banyak sekali manfaatnya, dalam olahraga panahan pun ada yang namanya teknik panahan.Dimana teknik ini harus anda ketahui sebelum melakukan olahraga panahan agar anda tidak salah dalam mempraktekannya,ada 9(Sembilan teknik panahan ) dimana teknik ini harus benar-benar anda lakukan dalam olahraga panahan.
1.Cara berdiri atau yang disebut stance
2.Memasang ekor panah (Nocking)
3.Posisi stengah tarikan (set up)
4.Ronde indoor
5.Drawing
6.Anchoring
7.Holding
8.Aiming
9.Release

Busur

Busur dan panah atau busur panah termasuk kategori senjata yang digunakan untuk menembak anak panah dibantu dengan kekuatan elastisitas dari panah itu sendiri. Senjata ini biasanya digunakan untuk berburu dan pada zaman dahulu digunakan untuk berperang. Busur panah juga digunakan untuk olahraga panahan .
Desain dari panah biasanya bermacam-macam dan dipengaruhi oleh kebudayaan dari masa lalu.Desain panah yang umum digunakan pada masa lampau biasanya menggunakan kayu,namun pada masa sekarang biasanya bahan panah adalah karbon,plastik,sintetik atau bahan campuran lainnya.
Secara umum busur terdiri dari limb yang melengkung dengan tali busur yang terikat pada kedua ujungnya. Saat tali busur ditarik ke belakang ,limb akan melengkung lebih ke dalam,ada pula busur modern yang mempunyai riser dan berfungsi sebagai  pegangan untuk tempat bersandar limb atau bagian lainnya seperti stabilizer dan visir. Panjang ketebalan dan bentuk jenis material penyusun limb mempengaruhi energy potensial maksimum yang dapat  disimpan atau dinyatakan sebagai draw weight yang diukur dalam pound/kilogram.
Busur yang sering digunakan pada saat ini adalah recurve bow ,recurve bow sendiri adalah perkembangan termutakhir dari busur. Desainnya memiliki tiga bagian utama  yaitu riser (pegangan dan tempat aksesoris lain dipasang) dan sepasang limb merupakan sumber energy pegas busur. Ciri khas busur recurve adalah bagian ujungnya melengkung ke depan (menjauhi pemanah) saat tidak titarik atau dilepas talinya. Sebagai kompensasinya bahan penyusun limb.Untuk peralatan archery biasanya menggunakan busur dan anak panah,dibantu dengan aksesoris busur atau aksesoris untuk keamanan diri kita sendiri. Karena jika pemanah tidak menggunakan aksesoris busur atau untuk dirinya sendiri,maka dikhawatirkan akan cedera atau peralatan panahannya lecet atau bahkan rusak. Jadi jika anda akan memulai berlatih panahan,silahakan lengkapilah dengan aksesoris panahan dan peralatan lainnya agar aman dan nyaman. Aksesoris yang cocok untuk anda koleksi diantaranya untuk perlindungan diri:
-Hand Gloves
Hand Gloves adalah pelindung tangan agar tidak terluka .Dengan tekstur yang lembut dan bahan kulit asli anda akan nyaman menggunakannya ,hand gloves kulit asli ini dibuat khusus untuk panahan ,dengan sistem open finger (Tangan terbuka ),sehingga lebih  nyaman digunakan dan ketika anda menarik busur lebih maksimal .Anda akan merasakan lesatan yang maksimal ketika menarik busur tanpa takut melukai tangan,  teksturnya yang lembut tangan anda  tidak akan kaku ketika menarik busur . Jahitannya sangat rapi dan kuat ,cocok bagi anda yang sedang mencari sarung tangan kulit asli untuk panahan yang pas dikantong.
-Quiver tabung Archery
Quiver tabung archery atau yang biasa disebut tas anak panah ,memudahkan anda saat latihan memanah.
-Bow Bag 2 in 1
Tas yang akan mempermudah anda dimanapun dan kapanpun,sangat praktis dan tidak mempersulit anda melakukan perjalanan jauh pada saat akan berlatih panahan.Seperti namanya tas ini berfungsi untuk 2 kegunaan.Mempunyai lebar 25 cm dan tingginya 73 cm sehingga pas ukurannya.
-Leather Quiver Horsebow
Bisa dipakai sesuai style kamu bisa back quiver atau side quiver.Latihan memanahmu tambah seru dan mudah.
-Finger tab
Jari terlindungi dengan fingertab !
Jangan sampai jari-jari anda terluka bahkan sampai kapalan gara-gara keseringan menarik tali string tanpa pengaman.Sayang sekali ya sobat archer ,daripada harus terluka sebaiknya anda menggunakan fingertab ini ,harganya tidak seberapa namun dapat melindungi jari-jari anda untuk waktu yang lama.
-Finger Gloves
Sobat acrcher salah satu pengguna horsebow? Yang sering menggunakan teknik thumb draw saat realese? Jika ibu jari anda terus menerus dipakai untuk menarik string pastinya akan sakit bahkan lecet.Alagi jika lbs busurnya tinggi ,tapi jangan khawatir saat ini finger gloves kulit asli ready stock loh sobat .Finger gloves ini akan melindungi ibu jari anda saat menggunakan teknik thumb dram terbuat dari kulit asli dengan desain yang elegant dan sangat nyaman ketika dipakai.Bagian dalamnya dilapisi dengan bahan yang lembut sangat nyaman saat digunakan  oleh anda sobat archer.
-Arm Guard
Anda pernah kejepret string? Pertemuan antara string dan kulit yang meninggalkan luka dan memberi bekas biru keunguan,sepele namun luar biasa sakitnya. Jangan sampai hal seperti itu terjadi sobat archer .Nah solusinya anda harus menggunakan arm guard,kenapa harus menggunakan arm guard ? karena arm guard melindungi lengan anda dari jepretan string.
-Bow Sight Recurve
Visir atau bow sight recurve berfungsi untuk membidik dan akan memudahkan anda melihat arah bidikan agar lesatan tepat sasaran.
-Dumper for barebow stabilizer
Berfungsi untuk pemberat busur ,bagi anda pecinta barebow lovers kini ready stok ya.
-Finger saver
Berfungsi untuk melindungi jari anda agar tidak lecet atau terluka.
-Silencer
Berfungsi untuk penggetar string
-Chest guard
Jika anda tidak mau dada anda terkena jepritan string,silahkan lindungi dada anda dengan chest guad.
-Stringer  kulit
Stringer berfungsi untuk membantu anda dalam memasang dan melepaskan string busur.Karena biasanya ada bebrapa pemanah yang keseulitan saat memasang atau melepas string,namun dengan adanya stringer sangat memudahkan anda untuk memasang atau melepas string.
Jika anda penasaran silahkan kunjungi www.alvosporta.com



Comments

Popular posts from this blog

Berat tarikan busur panah dan ukuran busur untuk dewasa

Doa sebelum memanah dan jarak memanah

Ukuran panjang dan berat tarikan busur panah